PENGENALAN PENILAIAN PROPERTI (part 2)

Bagaimana nilai suatu properti dipengaruhi?

Sebelumnya artikel mengenai penilaian properti telah dijelaskan pada Penilaian Properti (part 1). Pada bagian ini akan membahasan bagaimana nilai suatu properti itu dipengaruhi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai properti

nilai properti sama seperti nilai barang-barang lain adalah ditentukan oleh sifat-sifat fisik yang terdapat pada properti tersebut dan beberapa faktor-faktor luar yang mempunyai dampak atau pengaruh terhadap nilai properti mengikut waktu dan keadaan. secara garis besar faktor-faktor yang mempengaruhi nilai suatu properti dibedakan ke dalam 4 faktor, yaitu:
a) faktor permintaan dan penawaran;
b) faktor fisik properti tersebut;
c) faktor lokasi dan perletakan;
d) faktor kebangsaan/politik

Berikut kami ulas satu persatu Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai properti

A. Permintaan dan Penawaran Pasar Properti
Dari faktor-faktor tersebut yang dianggap sebagai satu faktor yang sangat luas dan menyeluruh dampaknya adalah faktor permintaan dan penawaran, karena faktor ini meliputi faktor-faktor lainya juga.
Jika penawaran properti dipasaran tetap sedangkan permintaan bertambah, maka nilai properti dapat menjadi turun. begitu pula sebaliknya, jika permintaan adalah tetap sedangkan penawaran bertambah, maka nilai properti dapat menjadi turun. tetapi apakah penyebab naik atau turunya permintaan dan penawaran di pasaran?, ada beberapa sebab yang dapat mengubah permintaan dan penawaran properti di pasaran, yaitu:
a) Faktor kependudukan.
b) Perubahan selera (cita rasa)
c) Perubahan teknologi pembangunan

B. Faktor-faktor fisik properti
Poin ini melingkupi hal-hal seperti jenis dan kegunaan properti, ukuran dan bentuk properti serta desain dan konstruksi bangunan.

C. Faktor peletakan dan Lokasi Properti
Pada peletakan properti meliputi apakah properti tersebut terletak di tempat yang tinggi atau rendah, di lereng bukit atau di tepi sungai, ditengah atau dipojok blok perumahan dan sebagainya.
Sedangkan faktor lokasi dianggap sebagai faktor terkuat pengaruhnya terhadap nilai suatu properti. ada suatu pendapat yang menyatakan bahwa faktor yang menentukan nilai sebuah properti yang pertama adalah lokasi, yang kedua adalah lokasi, ketiga adalah lokasi. Pernyataan tersebut menunjukkan betapa pentingnya faktor lokasi dalam menentukan nilai sebuah properti.

D. Faktor Politik/Kenegaraan
Faktor kenegaraan yang dimaksud adalah faktor ekonomi, sosial dan politik negara, dimana secara tidak langsung akan mempengaruhi nilai properti. sebagai contoh sistem perundangan suatu negara tidak dapat dipungkiri lagi akan berpengaruh terhadap nilai properti. sistem perundangan yang terlalu ketat mungkin akan menyebabkan permintaan turun dan selanjutnya akan mempengaruhi nilai tanah.



Baca artikel-artikel kami lainya klik disini