Beli Rumah Lelang
Harga Miring, Surat Tanah Terjamin

Membeli properti melalui proses lelang masih dipandang sebelah mata. Sebagian besar orang masih berasumsi bahwa rumah sitaan bank adalah rumah yang bermasalah sehingga mereka enggan untuk membelinya. Padahal, kebanyakan rumah lelang berada di bawah naungan pihak bank, sehingga bank memiliki data lengkap terkait rumah yang mereka lelang. Saat pemilik rumah lama tidak bisa lagi meneruskan kredit peminjaman rumah kepada pihak bank, maka bank berhak untuk menjualnya kembali. Penjualanya biasa kami lakukan dengan cara lelang, ujar maya savitri, Investor Communication Corporate Secretary Division Bank Tabungan Negara (BTN).



INI KEUNTUNGANYA
Untuk mengurangi masalah sengketa lahan, sebelum memberi pinjaman kepada calon kreditor, pihak bank akan mengecek surat-surat tanah yang dijaminkan oleh calon kreditor. Bila surat tanah sudah tidak bermasalah sejak awal maka bank tidak akan memberikan pinjaman tersebut. Proses serupa juga dilakukan oleh balai lelang, mereka akan mengecek kelengkapan surat-surat rumah yang akan dilelang. Jika surat tanah bermasalah, maka proses lelang tidak dapat dilaksanakan. Maya mengungkapkan rumah lelang juga memiliki harga yang cenderung murah bila dibandingkan dengan rumah baru atau rumah seken. Pasalnya, calon pembeli rumah lelang hanya membayarkan sisa kredit rumah yang masih terhutang dibank. Namun, layaknya penjualan rumah pada umumnya, bank terlebih dahulu melakukan pengecekan harga jual terkini pada rumah lelang tersebut.

INI PERHITUNGANYA
Misalnya kreditor memiliki utang kredit sebesar Rp300 juta kepada pihak bank dan tidak bisa melunasi. Bank akan menilai harga sesuai kondisi rumah dan balai lelang akan menerbitkan harga rumah tersebut. Setelah dinilai, harga jual lelang tersebut Rp.500 juta, tetapi kenyataanya rumah tersebut dapat terjual sebesar Rp450 juta. Karena kreditor hanya memiliki utang kredit sebesar Rp300 juta, maka selisihnya sebesar Rp150 juta akan diberikan kembali kepada pihak kreditor (pemilik rumah lama). Sementara itu Rp300 juta akan dibayarkan kepada pihak bank oleh pemenang lelang, baik secara KPR atau tunai. Menurut Syahrizal, direktur utama PT Citra Lelang Nasional, saat harga properti turun, berinvestasi melalui lelang bisa menjadi alternatif untuk mempercepat naiknya nilai investasi karena harganya dibawah pasaran. Kelebihan rumah lelang terkadang disambut baik para pemburu rumah. Alasanya, ketakutan yang kerap menghantui calon pembeli rumah lelang, yakni kekhawatiran mereka pada pemilik lama rumah tersebut. Tak jarang terjadi perlawanan dari pemilik sebelumnya yang tidak mau meninggalkan lokasi hunian. Jika hal ini terjadi, Anda selaku calon pembeli tidak perlu takut karena anda sudah memiliki bukti surat kepemilikan yang sah sehingga kuat dimata hukum.

PROSES LELANG
1. Perjanjian kredit antara debitor (pemilik rumah) dan kreditor (bank) dengan jaminan properti.
2. Bank menyita jaminan karena kredit macet
3. Bank menyerahkan harta sitaan pada balai lelang untuk diproses
4. Balai lelang melapor pada KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang).
5. Kepala KPKNL setempat menentukan jadwal lelang sesuai denan jenis lelang dan benda yang dilelang.
6. Peserta lelang mendaftarkan diri di balai lelang dan membayar uan jaminan. Jadwal lelang dapat diakses melalui internet, brosur atau surat kabar.
7. Saat lelang, penawaran bisa dilakukan dengan cara tertulis atau lisan sampai didapat harga tertinggi.
8. Pejabat lelang menentukan pemenang lelang dan transaksi pembayaran dilakukan tunai selama 3 hari kerja setelah lelang. Atau bisa juga memanfaatkan fasilitas KPR di bank yang bersangkutan.

TIPS MENGIKUTI LELANG PROPERTI
- Mendaftarlah pada balai lelang sesuai jadwal lelang yang akan diikuti.
- Lakukan penelitian menyeluruh pada properti yang akan dilelang.
- Siapkan dana untuk membeli properti.
- Bawalah uang muka properti yang akan dibeli pada hari pelaksanaan lelang
- Sesuaikan dengan anggaran anda, jangan menawar lebih dari anggaran
- Jangan terbawa emosi sehingga menawar lebih tinggi dan menyesal kemudian
- Jangan terbawa isu sesama peserta, bertanyalah pada pihak balai lelang jika ada pihak yang meragukan.
- Ikuti peraturan yang ada agar pelaksanaan lelang berlangsung dengan baik.
- Bayarlah properti yang telah dimenangkan tepat waktu.